Surrealism and Cinema
Terjemahan
Surealisme dan Budaya Populer
Ketertarikan dalam budaya populer adalah jelas
dalam surealisme dari awal gerakan. Sebagian ini adalah provokasi terhadap
bourgeo '<pengertian keunggulan, suatu aspek dari surealis' memberontak
terhadap apa yang mereka anggap sebagai budaya dekaden. Tapi itu juga
menanggapi kebutuhan yang lebih dalam yang telah menarik intelektual selama
abad kesembilan belas, juga diwakili oleh perayaan Rimbaud lukisan bodoh, panel
pintu, set panggung, hack-tetes untuk akrobat. tanda-tanda, ukiran populer,
sastra kuno. Gereja buku Sastra dengan ejaan yang buruk, novel dari kakek kita,
dongeng, buku kecil dari masa kanak-kanak. opera lama, menahan diri konyol.
irama naif '(1960: 193).
Selain itu, surealisme mengambil sebagai salah
satu poin yang mulai perintah Ducasse yang 'puisi harus dilakukan oleh semua,
bukan oleh seseorang. Sejauh budaya populer umumnya Ratner kolektif daripada
individu, menawarkan kemungkinan yang lebih besar untuk realisasi mitologi
modern yang menular, sesuatu yang bisa dicapai terutama efektif dalam film.
Tentu saja, ini bukan hal yang mudah. Menyadari meskipun surealis adalah dari
tekanan komersial yang dalam banyak hal sudah kewalahan budaya populer, merusak
setiap impuls independen itu berisi pada satu tingkat, pada tingkat lain
tekanan-tekanan yang sangat menciptakan ketegangan yang mendorong oposisi dan
diperbolehkan untuk berbunga populer kesadaran pemberontakan yang tidak bisa ia
ditekan oleh ideologi dominan, yang memang sering tidak menyadari hal itu.
Dalam arti luas, tampaknya unlikly bahwa surealis akan fundamental) tidak
setuju dengan apa pun dalam kritik Adorno Industri Budaya (bahkan jika mereka
tidak bisa diartikulasikan sedemikian ketat wav). Namun. sementara mereka tidak
akan ragu juga telah sepakat dengan perbedaan yang dia dibuat antara 'budaya
massa' dan 'budaya populer', mereka tidak menerima bahwa mantan dimasukkan
terakhir. Pengakuan
bahwa ketegangan utama yang ada antara modus
fungsi massa Industri Kebudayaan dan aspirasi pencipta tidak selalu memiliki
konsekuensi negatif merupakan karakteristik dari pemahaman surealis 'kebudayaan
modern. Ini adalah petunjuk untuk pengakuan mereka terhadap potensi aspek sadar
dari pikiran kolektif meluap ke dalam kesadaran, dalam nanti., Jika bukan
bentuk nyata. Dalam perbedaan ke Adorno. untuk siapa resistensi Ryas individu
dan sadar, surealis dirasakan bahwa butuh bentuk yang lebih signifikan ketika
itu kolektif dan sering tidak sadar. Tentu saja, keyakinan pada kekuatan alam
bawah sadar. baik pada individu dan tingkat kolektif, merupakan salah satu
unsur penentu surealisme.
Hubungan antara surealisme dan budaya populer
telah sedikit dipelajari, tapi kami memiliki kait-baru ini diterbitkan oleh
Robin Walz yang mengklaim ia studi itu. Meski ditulis antusias, sayangnya tidak
sangat mencerahkan, setidaknya ketika datang ke analisis surealisme. Apa yang
menarik adalah bahwa penulis tampaknya tidak memiliki minat yang besar baik
dalam surealisme atau budaya populer seperti, setidaknya buku ini hanya
tangensial peduli dengan baik.
Hal ini dimulai ketika promisingly Walz
berpendapat bahwa surealis 'menarik inspirasi dari arus kecemasan psikologis
dan pemberontakan sosial yang berlari melalui ekspresi tertentu dari kebudayaan
rindu' (2003: 3) sayangnya, bagaimanapun, ia tidak pernah menindaklanjuti
wawasan ini, dan susunan kata-katanya sudah tampak memadai, mencerminkan sikap
medan yang merongrong analisisnya dalam buku ini. Dengan mengatakan bahwa
surealis hanya 'mendapat inspirasi' dari arus ini, ia menyiratkan bahwa mereka
tidak berbagi kecemasan psikologis dan pemberontakan sosial, tetapi hanya
digunakan untuk mengembangkan posisi ideologis mereka sendiri. Hal ini
tampaknya mencerminkan fakta bahwa penulis, meskipun dirinya sendiri, adalah
enggan mengakui budaya populer kecuali disahkan oleh apa yang ia lihat sebagai
otoritas yang lebih tinggi, dalam hal ini yang diwakili oleh surealis. Ini
pasti akan lebih akurat untuk mengatakan bahwa surealis diakui kecemasan
psikologis mereka sendiri dan pemberontakan sosial dalam budaya populer.
Seperti kita bisa melihat dari komentar Kyrou
itu, apa yang surealis terutama dikagumi di perusahaan dari Melies adalah
kualitas yang komunikatif: dia membawa kita ke dalam kontak dengan dunia yang
berbeda. Melies adalah kurang sineas dari tukang sulap dan ilusi: itu yang
menggunakan gambar bergerak untuk e - cenderung pada kecakapan memainkan
pertunjukan dan temu pertunjukan panggung gaibnya. yang menghormati dia telah
banyak digunakan acara lentera sihir, yang ia sebut sebagai 'sihir visual'.
Dengan cara itu ia mampu bermain dengan penampilan dan kenyataan. menunjukkan
relatif daripada alam mutlak ruang dan waktu. Melics membuka kemungkinan
bioskop dan menetapkan panggung untuk perkembangan nanti nya.
Dalam Melies kita bisa melihat kedekatan dengan
cara surealis berpikir tentang bioskop, tetapi mereka belum hanya isyarat. Dia
mengungkapkan akarnya dalam hiburan populer dan memimpin jalan bagi bioskop
untuk menjadi media komunikasi populer. Para isyarat yang terkandung dalam film
Melies yang harus menunggu realisasi penuh mereka. Namun, dalam film Louis
Feuillade. Nowhere bisa salah melihat kerja sadar melalui dari penerimaan
populer subversi lebih baik daripada di film Feuillade dibuat pada saat perang
dunia pertama.
Fantomas terletak di jantung dari setiap
kejahatan yang dilakukan. Serangannya terhadap masyarakat yang menghancurkan
karena mereka datang dari dalam dan mereka semua mencakup: tidak ada orang yang
dibebaskan dari menjadi korban, tapi pada saat yang sama orang dapat menjadi -
sadar atau tidak sadar. itu tidak penting - komplotannya. Bahkan, perbedaan
antara korban dan kaki kadang-kadang hilang sama sekali: apa yang benar-benar
mencuri Fantomas adalah jiwa masyarakat (meskipun tanpa berada dalam pelayanan
Iblis - seperti uang, perhatiannya adalah untuk mengusir jiwa, tidak membuat
kemudian tunduk kepadanya) . Nya adalah eksistensi rahasia: dia di mana-mana
dan tempat sekaligus, yang tanpa henti bisa berubah tokoh mampu berbaur dengan
lingkungan hi 'dan memilih karakter sesuai dengan itu. Berperang dengan
societv, Fantomas lebih semangat, ada di mana pun masyarakat memiliki titik
lemah, dari seorang manusia. Dia menginduksi rasa takut bukan karena apa yang
dia lakukan, tetapi hanya karena kebohongan ada. Fantomas angka hanya dalam
film pertama Feuillade tapi karakternya menyediakan template dari mana dia
mengembangkan makhluk gelap yang mengisi film-nya nanti. paling dikenang
perempuan penjahat Irma VEP, menjelma oleh pahlawan surealis ', musidora.
Bahkan lebih signifikan, film Feuillade adalah
diwarnai dengan rasa luar biasa, jauh lebih daripada di 3lciies.Thev
membangkitkan dunia di mana peristiwa fantastis lonjakan tercantum dalam
situasi yang paling sehari-hari. Difilmkan di lokasi, seringkali di Paris Lokal
kaum surealis kenal dengan baik, film menganggap suasana mimpi yang unik
material dan soal fakta. Hal ini terutama menekankan keanehan beberapa
gambaran, yang mencapai suatu delirium puitis yang jarang disamai di bioskop
Feuillade s karakter, yang mengandalkan
ketegangan imajinasi, bisa punya tempat di dunia seperti itu. Selanjutnya,
setelah Griffith, pembuatan film menjadi masalah editing dan montase, sesuatu
yang asing bagi cara Feuillade tentang pembuatan film. dan yang segera membuat
mereka tampak tanggal. Namun, dapat dikatakan bahwa Griffith bioskop tidak
mewakili kemajuan atas cara Feuillade dibuat Elms, melainkan membentuk
prinsip-prinsip yang berbeda Itu tidak begitu banyak merupakan langkah maju
dalam proses pembuatan film sebagai teknik tertentu memprioritaskan: Chili
mendiskualifikasi orang lain. Dalam hal ini, mungkin lebih dilihat sebagai
mempengaruhi pergeseran paradigma, dalam arti Kuhnian. Untuk apa menakjubkan
ketika melihat film Feuillade saat ini adalah bagaimana segar mereka. Memang,
ketika seseorang telah terbiasa dengan konvensi yang berbeda yang digunakan.
Film Feuillade yang menarik perhatian lebih mudah daripada kebanyakan film yang
dibuat sekarang (sulit untuk membayangkan setiap direktur yang modern yang
mampu membuat film tujuh jam yaitu sebagai menyenangkan untuk menonton karena
Les Vampires). Bioskop awal sebenarnya muncul untuk menawarkan model yang
berbeda tentang bagaimana sebuah film harus dibuat, yang ditinggalkan setelah
Griffith. Yang penting dalam film Feuillade adalah tidak mengedit tapi
pementasan. Setiap gambar dipahami dalam hal komposisi, sehingga drama yang
dibuat tidak melalui penjajaran gambar tetapi melalui gerakan dalam gambar.
Dalam menyusun program yang surealis nya ideal
film, Alain Joubert termasuk film Bunuel dalam setiap kategori, yang ia
menjelaskan sebagai indikasi 'rendah banyak poin yang kuat dari surealisme
mendalam diresapi pikiran ini man_ gratis di seluruh hidupnya sebagai pembuat
film dan penyair '(1999: 2). Andre Breton dan Benjamin Peret juga menekankan
kesinambungan tema surealis dalam karyanya. Breton berbicara semangat Bunuel s
yang. suka atau tidak, merupakan bagian konstituen dari surealisme '1993 ::
64), sedangkan Peret observed'a kontinuitas yang luar biasa, karena Bunters
tetap ide dalam semua film-filmnya adalah kecaman dari dunia kebodohan dan
kemiskinan' (1992: 278 ). Meskipun nya pengunduran diri 'dari Surealis Group di
tahun 1932, Bunuel kemudian menegaskan kepercayaan mendasar surealis nya. dan
kasus baginya untuk dianggap sebagai pembuat film yang surealis tampaknya akan
menjadi terbuka dan tertutup.
Jika surealis sendiri tampaknya sebagian besar
setuju bahwa Bunuel adalah penting sineas surealis quint, demikian juga
kritikus. dissenting sedikit atau suara skeptis sekalipun. Titik utama
pertentangan telah apakah seluruh tubuhnya kerja harus dipertimbangkan dalam
konteks surealisme, atau hanya dua atau tiga film-Jika yang terakhir ini
terjadi. lalu apa hubungan ada antara nya earl-surealisme dan keprihatinan
film-nya nanti?
Konvergensi luar biasa dari dua pikiran yang Un
Chien Andalou wakili terbawa ke LAge d'or tapi diperpanjang untuk mengungkapkan
prestasi kolektif. Di sini saya tidak melihat alasan untuk perbedaan pendapat
dari pandangan Hammond bahwa L'Age d'atau harus pelihat. sebagai upaya kolektif
dari Sur ealist Group, di mana suara Bunuel adalah mungkin dominan, tapi tidak
menentukan. Bunuel menegaskan sebanyak dirinya. Berbicara tentang LAge d'or
katanya, dalam percakapan dengan Max Aub: 'Ide-ide saya terlihat jelas. Bukan
milikku, ide-ide dari Surealis Grup terlihat jelas '(dikutip dalam Hammond,
19y7: 42).
Meskipun tidak dapat ia tidak meragukan bahwa!.
'Age d'or adalah film utama surealisme,
itu tidak berarti bahwa ia menyediakan suatu
model yang bekerja di film surealis lain dapat dinilai. Sebaliknya, pada
kenyataannya: LAge d'or adalah hasil dari situasi yang unik mungkin pernah
telah repeated.The konfigurasi beruntung yang membuat film yang mungkin adalah
bahwa sineas muda yang ambisius muncul dalam surealisme pada saat yang sponsor
kaya terkait dengan surealis. Vicomte de Noailles, ingin mendukung film sebagai
proyek batil. Peran Marie I.aure de Noailles sangat penting untuk bertindak
sebagai mediator antara suaminya dan surealis. Pertama Bunuel tiga Elms adalah
hasil dari kebetulan tujuan tersebut: Un CGlen andalvu yang telah dibiayai oleh
ibunya, Las bergegas oleh teman anarkis yang kebetulan menang lotre. Sedikit,
jika ada, pembuat film sudah mulai dengan seperti murah hati dan memanjakan
produsen None.I berani. pernah menggunakan kemurahan hati pelanggan mereka
dalam begitu parah jalan.
LAge d'or dibuat pada saat yang menentukan
dalam sejarah surealis. Masa 'keterlibatan paling langsung politik, yang
menyebabkan pertikaian yang luas dalam kelompok dan memberikan latar belakang
untuk' kaum surealis krisis 'tahun 1929, itu juga waktu bahwa mereka yang
paling intens dihadapkan pertanyaan moralitas pribadi dan menjelajahi jaring
rumit seksualitas dan cinta (ditandai dengan the'Recherches sur la sexua! ite
'dan the'Enquete sur 1'amour' yang muncul dalam edisi akhir La Revolution
surréaliste tahun yang sama). . Usia d'or Jas harus dilihat dengan latar
belakang eksplorasi tersebut.
Film ini telah sering dipandang sebagai sebuah
kisah cinta didirikan pada marah (meskipun Linda Williams [1981) mengingatkan
kita bahwa kisah cinta hanya hadir dalam dua, dia film lima bagian yang
berbeda). Dan dalam amarah ini yang menyajikan kita dengan teks surealis
teladan. Sebagai manifesto surealis menyertainya memilikinya. film membawa kita
'hadiah kekerasan': karakter utama berjuang untuk mengatasi kendala ditempatkan
di jalan realisasi cinta mereka. Namun, pada saat yang sama. sebagai Yetr poin
Kral keluar, film ini kurang tentang cinta dan keinginan seperti tentang
kekecewaan mereka dan kendala yang mereka hadapi '(1981b: 47). Dan frustrasi
ini bukan hanya sosial, juga terkandung dalam pecinta diri mereka' Love ',
memang, bahkan terungkap melalui pemisahan, jika seseorang menerima proposisi
surealis 'manifesto: "salah satu titik puncak dari kemurnian film ini
tampaknya kita mengkristal oleh citra pahlawan di kamarnya, ketika kekuatan
pikiran berhasil dalam sublimating situasi yang sangat Barok menjadi elemen
puitis bangsawan paling murni dan kesendirian '(di Hammond. 2000 200).
Dalam hal apapun, ide Bunuel sedang
mempertimbangkan untuk produksi masa depan tidak kelanjutan dari pembakar
bioskop L'Age d'or diwakili namun upaya untuk mengintegrasikan visi sendiri
dalam kerangka komersial. Mereka, pada kenyataannya. proyek seperti jenis film
ia Kemudian untuk membuat di Meksiko: The Duchess of Alba dan Goya dan nya
(Pierre Unik atau lebih) adaptasi ketinggian Wutbering (yang ia benar-benar
melakukan kemudian membuat, meskipun menggunakan script yang berbeda). Tampaknya
Bunuel kembali bekerja L'Age d'or menjadi bentuk yang lebih dapat diterima.
Selesai pada 1934 sebagai Dalam Waters Icy Perhitungan egois. versi baru ini
rupanya senang dengan Vicoante de Noailles, tapi itu masih dilarang oleh sensor
dan hampir tidak ada orang lain yang pernah melihatnya. Sulit untuk melihat
bagaimana re-kerja film bisa menjadi apa-apa tapi pengkhianatan tapi. karena
tidak ada lagi, kita tidak bisa mengetahui hal ini dengan pasti. Namun, itu
Bunuel siap bahkan untuk mempertimbangkan kembali editing film cenderung
menunjukkan bahwa ia tidak menganggapnya sebagai sakral (meskipun harus
dikatakan bahwa Bunuel sendiri mengaku telah melakukan tidak lebih dari
mengubah judul dalam upaya fut.le untuk menghindari lembaga sensor [lihat
Colina dan Perez-Turrent, 1981:14]).
Ini mungkin menyebabkan kita mempertanyakan
sejauh mana komitmen Bufiuel untuk surealisme, bahkan pada saat dia aktif
terlibat dengan itu. Paul Hammond (1999, 2004). setidaknya, telah meragukan
itu. Meskipun kemudian pengakuan dari fundamental, jika tidak keseluruhan,
kepatuhan kepada prinsip-prinsip surealis. Hammond berpendapat bahwa Bufiucl
memiliki pada kenyataannya ditinggalkan oleh surealisme 1932 untuk Stalinisme
untuk alasan oportunis yang sama seperti temannya Aragon dan hanya kemudian
rc-membuat dirinya sebagai surealis, dissembling tingkat istirahat dengan
surealisme dalam rangka sah karir di kemudian hari.
Dalam mempertimbangkan kontribusi Bunuel, Paul
Hammond datang ke sebuah kesimpulan yang agak membingungkan: sublations berliku-liku
'Surealisme atas setengah abad sering mendapat yang terbaik dari orang-orang
yang tertarik pada gerakan, tetapi juga dikonsumsi mereka, mengusir mereka, dan
apa yang mereka kemudian dicapai adalah "semacam" luar sekolah
surealisme tercemar oleh pengaruh asing '(2 (X14:. 24) Agaknya Hammond melihat
film Bunuel nanti sebagai bagian dari ersatz'sort ini surealisme Tapi apa
artinya ini bisa surealisme benar diisolasi dalam.? cara ini dari apa yang
mengelilinginya? Apakah ada surealisme murni dan kemudian berbagai tingkat
pemalsuan nya? Bagaimana kita membuat perbedaan seperti itu?
Film Bunuel itu tidak mewakili kontinuitas
surealis bermasalah. Jika kontinuitas ini tetap tidak ada, itu terungkap dengan
cara yang sering bermasalah. Jauh dari ini menjadi kelemahan, bagaimanapun,
mungkin kekuatan. Alih-alih menjadi a'surrealism tercemar oleh pengaruh asing
', itu mencerminkan cara surealisme diperluas melalui perjumpaan dengan' unsur
eksternal. Dalam hal ini, apakah dilema Bunuel di tiga puluhan tentang komitmennya
untuk surealisme atau komunisme mewakili krisis asli kesadaran atau oportunisme
tampaknya saya kurang penting daripada cara di mana dilema sendiri terus hadir
dalam pekerjaan Bunuei s kemudian, diberikan ekspresi dalam berbagai cara
ketika berhadapan dengan hubungan antara keteraturan dan kebebasan dan
mendamaikan keinginan dengan kebutuhan untuk berfungsi dalam masyarakat.
Makan komunal mewakili, kita tahu, bentuk
primal konsekrasi kolektif. Dalam Membasmi Malaikat tamu yang setidaknya
memiliki makanan mereka sebelum mengirimkan ke panik. Dalam Discreet Charm
ketidakmampuan mereka untuk makan bersama-sama menandakan kurangnya lebih besar
dari kohesi sosial. Seperti karakter dalam film horor Inggris Mati of Night
(1945), sebuah film yang harus, jika hanya sub-sadar, telah menginspirasi
Bunuel, kita berada di dunia yang abadi re-guci di mana setiap orang hidup
mimpi buruk lain. Kita bahkan mungkin melihat mereka sebagai contoh dari apa
yang Giorgio Agamben (1998) c alls'bare kehidupan ': bentuk hidup yang
berfungsi tanpa mengetahui mengapa fungsi. Benayoun menempatkan ini dalam
istilah mencolok: "Mungkin mereka mati seperti kelas mereka, dibalsem dan
re-animasi untuk kencan pemenang abadi '. Sebuah kematian bukanlah kematian
tapi kondisi a'twilight, menyenangkan dan nyaman '(1973: 21).
The real duri di The Discreet Charm adalah cara
B unuel lulls kita ke penerimaan kematian sebagai keadaan eksistensi (Bcnayoun
menunjukkan bahwa ada tujuh belas mayat dalam film). The 'bijaksana pesona'
kaum borjuis tidak terletak dalam kritik film mungkin menawarkan karakter dalam
film tetapi dalam identifikasi kita dengan mereka: kemunafikan mereka adalah
milik kita, seperti mereka kematian '.
Kita tahu tentu saja bahwa makan adalah fitur
dari banyak film Bunuel dan berbagi makanan sering dijiwai dengan makna. Yang
paling terkenal 'makan' dalam film Bunuel ini - adegan dalam The Phantom of!
thert7 'ketika mengeluarkan perusahaan bersama-sama, tapi makan sendirian -
tidak begitu banyak itu pembalikan norma sosial sebagai masa depan sosial
kongres. kembali kolektif, yang mungkin berpikir, ke tahap anal. Hal ini
mencerminkan tema gigih seluruh pekerjaan Bunuel ini: ketidakmampuan (pada
bagian dari kaum borjuis pada khususnya, tapi ini meluas ke seluruh bagian
masyarakat kapitalis) untuk menguduskan sesuatu.
Daripada mencoba untuk 'cxplain' adegan ini,
saya pikir kita perlu mengambil-sebagai titik awal untuk mempertimbangkan sifat
keinginan sebagai benang merah yang mengalir melalui kerja Bunuel secara
keseluruhan, di mana ia diperlakukan dengan presisi hampir antropologi . Untuk
Bunuel, tampaknya, itu adalah benang yang melekat pada tong dinamit. Sedikit
jika ada tokoh-tokohnya berhasil memisahkan kabel ini dari aksesori yang
mematikan, yang paling bisa mereka lakukan adalah untuk mencegah dari
pembakaran. Hampir semua karakter Bunuel yang dikutuk untuk menyendiri. Mereka
mungkin mengalami. fermentasi cinta gila. tapi itu - dan ini adalah di mana
Bunuel mungkin berbeda dari kebanyakan surealis lain - tidak pernah membawa mereka
keluar dari negara soliter, bahkan sesaat. Karakter-karakter yang memiliki rasa
tujuan atau self-kepastian (Nazarin.Viridiana, Simon) diungkapkan sebagai
tertipu justru karena mereka telah menolak keinginan dan kemungkinan cinta,
tapi 'pembebasan' mereka tidak menjanjikan kehidupan yang lebih baik seperti
itu, itu hanya memungkinkan mereka untuk hidup di masyarakat.
Dalam Bunuel - dan di sini lagi kita melihat
pengakuan elemen Hegelian masyarakat manusia adalah unsur untuk menjadi
manusia. Kepolosan ada, tapi itu sesat, karena melibatkan penolakan keinginan
dan kebutuhan orang lain, dan karena itu perlu dicari solusinya. Tetapi
masyarakat sendiri sama-sama sesat, sehingga Nazarin bahwa dalam menerima nanas
yang ditawarkan oleh wanita di akhir film, Viridiana ketika dia memasuki
permainan kartu. dan Simon di beatnik nya hang-out masing-masing mengalami
transformasi bingung yang memulai mereka ke dalam masyarakat.
Jika Conchita hanya hantu untuk Mathieu, dia
memiliki eksistensi nyata untuk Bunuel dan ditemukan di tempat lain dalam
film-filmnya di bawah nama Susana, Viridiana, Celestine, Severine atau
Tristana. Setidaknya, kita bisa mengatakan bahwa masing-masing karakter ini
mengisi ruang kosong yang mengelilingi Conchita. Tak satu pun dari wanita ini
mencapai pemenuhan dalam hubungan mereka. Semuanya makan terperangkap oleh
berbagai bentuk penindasan laki-laki, dan bahkan yang paling percaya diri,,
Celestine dalam Buku Harian () fa Cbanibe7wiaid, gagal dalam usahanya untuk
menantang otoritas laki-laki, berakhir menikah dengan seorang fanatik,
pensiunan kapten. Dengan mempertimbangkan pengalaman perempuan ini secara
keseluruhan, kita bisa menghargai alasan elusiveness Conchita itu. Dari mereka
semua, hanya Tristana keuntungan sekilas kehidupan yang lebih baik di cintanya
Horacio, tapi Bunuel memungkinkan untuk sec sedikit kehidupan mereka bersama,,.
Nd hubungan mereka berakhir dalam tragedi. Conchita,
Sebaliknya, mengakui sifat phantom cinta dan
mencegah diri dari menjadi korban dengan menjadi dirinya phantom a. Hal ini
memungkinkan dia untuk menahan pengakuan Mathieu menuntut dirinya saat
mengambil keuntungan dari kemungkinan pengalaman kebutuhan tentang dirinya
membuka. Ketika dia bermain dengan 'kebutuhan, bagaimanapun, akan sejauh untuk
mempermalukan Mathieu, ia telah menawarkan kepadanya pengakuan sementara yang
fatal membawanya ke keterlibatan dengan dia (dan sehingga mereka berdua mati
dalam ledakan yang menutup film serta Bunuel ini karir film).
Rasa tragis kehidupan ini menyiratkan adalah
penting, dan umumnya unremarked atas, aspek surealisme (kita akan bertemu lagi,
jika dikonfigurasi berbeda. Dalam karya Prevert, Borowczyk dan Svankmaicr).
Dalam film-filmnya. Bunuel menggambarkan dunia yang mengganggu konflik dan
pemisahan, dokter hewan tidak ada kejahatan di dunia ini. atau jika ada itu
terletak dalam tekstur dari hubungan manusia dengan satu sama lain daripada
inhering pada apa pun atau siapa pun. Surealisme Nya antropologi ia mengamati
tapi dia tidak mengutuk. Orang-orang saja, dan untuk mengatasi kesepian mereka
kadang-kadang mereka melakukan hal-hal yang mengerikan, untuk diri sendiri
maupun kepada orang lain. Dengki atau kejahatan mereka selalu, bagaimanapun,
reaktif: tidak ada kedengkian berasal. Apa yang paling mengganggu adalah bahwa
tampaknya ia tidak ada obat untuk kondisi ini. Bunuel tidak menawarkan
kenyamanan tetapi, lebih dari ini, tokoh-tokohnya jarang jika pernah mengalami
resolusi konflik mereka. Berada pada belas kasihan hantu mereka adalah fakta
eksistensi manusia.
Pentingnya surealisme untuk bioskop terletak
kurang pada kenyataan bahwa beberapa film yang dibuat langsung di bawah rubrik
dibanding dengan cara yang sering tanpa disadari meresap ke dalam wacana film
yang lebih luas. Pandangan sering diumumkan bahwa daya tarik surealis 'ke bioskop
setelah 1930 pada prinsipnya bahwa penonton kecewa dengan praktek yang
sebenarnya membuat film tampaknya satu khas rabun jika kita melihat pada
sejarah sinema Perancis. Keterlibatan surealis di bioskop Perancis telah
intens, pada tingkat produksi dan kritik. Kita hanya perlu mengutip beberapa
nama-nama mereka peserta dalam surealisme yang membuat kontribusi besar untuk
kehidupan sinematik Prancis: Jacques dan Pierre Prevert, Jacques Viot. Jacques
Bninius, jean Ferry, Roland dan Denise Tual, Georges Goldfayn, Michel Zimbacca,
Robert Benayoun, Ado Kyrou, Gerard Legrand. ' Daftar ini tidak termasuk jean
Vigo. pernah menjadi anggota dari Kelompok Surealis tapi yang film-filmnya
secara menyeluruh dijiwai dengan sensibilitas nya. Bahwa banyak dari nama-nama
ini mungkin tidak jelas (terutama kepada audiens Anglo-Saxon) seharusnya tidak
membutakan kita untuk kepentingan mereka. Dari jumlah tersebut, tidak membuat
kontribusi lebih besar dari Jacques Prevert, penulis skenario utama untuk
sejarah film Prancis.
Lahir pada tahun 1900, Jacques Prevert
berpartisipasi dalam Surealis Grup antara tahun 1925 dan 1929. Dia adalah
seorang penyair, dramawan sebuah, sebuah collagist, penulis naskah, atau lebih
tepatnya ia tak satu pun dari hal-hal ini melainkan ia mampu memberikan
ekspresi hidupnya melalui puisi, drama, kolase dan film. Puisinya adalah salah
satu yang paling populer dari abad kedua puluh. yang telah diubah menjadi lagu
dan diberikan oleh penyanyi seperti Juliette Greco. Serge Reggiani dan Yves
Montand, dan film-film yang ia tulis adalah beberapa yang paling berkesan
sinema Perancis. Hal ini secara luas menegaskan bahwa l'reveri's kontribusi
adalah apa yang memberi mereka rasa khas mereka, mungkin satu-satunya contoh di
mana keterlibatan penulis dalam film dianggap dia lebih penting daripada
direktur, terutama dalam kaitannya dengan film-film yang dibuat dengan Marcel
Carne. Prevert juga menulis untuk direktur lainnya, di antara yang terbesar
dari era: Jean Renoir. Jean Giemillon. Kristen Ltque. Andre caviare. Jean
Dclannov dan Ion Ivens:. Serta untuk saudaranya, Pierre A kontinuitas tematik
jelas berjalan melalui semua ham ini. tidak peduli siapa mereka ditulis untuk.
dan ini juga hal kontinuitas yang dipelihara dengan kegiatan lain Prevert itu.
Seperti surealis lainnya. tidak mungkin untuk memisahkan nya modus yang berbeda
ekspresi dari satu sama lain.
Sebelum ini ia telah bekerja sama lagi dengan
saudaranya pada L'Affaire est hari le sac (1932), sebuah film pendek yang
mewakili, bersama dengan tiga film Bunuel, merupakan titik puncak film surealis
keputusan dalam era ini (jauh lebih signifikan daripada dari film-film Ray
Man). L'Affatre est dans le sac adalah sebuah komedi anarkis yang menceritakan
storv seorang jutawan bosan yang diculik dalam kesalahan. Penculikan ini
diselenggarakan oleh hatter. dan geng mengalami masalah ketika jutawan mulai
menikmati posisinya - ia tidak lagi bosan. Sementara itu, hidup terus berjalan
di sekitar mereka - orang terlalu sibuk mengeksploitasi satu sama lain untuk
peduli tentang penculikan.
Membayar penghormatan kepada komik Amerika yang
surealis dikagumi (salah satu bahkan bisa membayangkan film sebagai Marx
Bersaudara kendaraan), CAfatre est berani le kantung juga sangat banyak drama
AGIT-prop yang muncul dari lingkungan Kelompok Oktober. Di jalan, itu milik
lingkungan surealis sebanyak seperti halnya L'Age d'or. yang menimbulkan
pertanyaan mengapa ia telah gagal untuk mencapai prestise film Bunuel itu.
Jacques Brunius mungkin benar untuk menegaskan
bahwa 'Preverts penonton bingung daripada membuat mereka tertawa'. Dia tidak
melihat ini sebagai kelemahan dari film. Namun. dan penjelasannya tampaknya
bermasalah. berbohong mengklaim bahwa penonton 'undountedly diakui diri terlalu
jelas dalam karakter dctestahie dan konyol pada layar' (1954: 160). Ada
paradoks penasaran sini: meskipun surealis mengklaim kesamaan dengan audiens
yang populer, mereka cenderung menganggap popularitas dari beberapa film mereka
sendiri (seperti Un Chett anthilou ketidakmampuan penonton untuk mengenali diri
dalam film mordancy sementara di sini. Brunius melihat kegagalan LA faire untuk
menyala dalam kenyataan th itu mereka mengakui diri mereka hanya terlalu baik
Apa ini menandakan? Bahwa preverts Film ini lebih sukses. depan perspektif
surealis, daripada un chlen andalau? dan bagaimana satu account untuk
populatiry dari komedi mondant simitarly dari saudara-saudara marx atau WC
Fields? Bagaimana seseorang tahu apa penonton itu? Siapa yang mengatakan bahwa
mereka yang menyukai Un Chlen Andalou tidak beberapa orang yang
berbondong-bondong untuk melihat Harry Langdon dan buster Keaton film ? Apakah
kita berasumsi bahwa surealis tidak dapat reaksi audiens yang populer dan
diasingkan ke maing film untuk kaum borjuis, bahkan dengan film seperti
L'Affaire, yang keluar dari gerakan buruh? Chearly faktor-faktor lain di tempat
kerja yang menyebabkan Pierre Mencegah itu film untuk menemukan nikmat dengan
khalayak anggota maupun kritikus.
The hubungannya antara Holly-kayu dan
surealisme selalu tampak ous anomal, jika tidak bertentangan. Bahkan jika.
dalam masa kejayaan, Hollywood disebut pabrik mimpi ', mimpi-mimpi itu
diproduksi - atau setidaknya yang dipanggil dalam penunjukan ini - hampir
semuanya orang-orang yang di atasnya surealis lebih mungkin tersedak dari dia
dipelihara. Menerapkan prinsip-prinsip produksi Fordist untuk proses kreatif
dan Taylorist, Hollywood berusaha untuk mengatur mimpi dengan cara yang
menganulir setiap sikap surealis spontanitas dan kekakuan moral, dan daftar
direksi yang telah ditambatkan, jika tidak hancur, oleh Holt} sistem kayu yang
panjang. Namun demikian, sistem Hollywood masih tersisa tempat untuk imajinasi.
Produsernya mungkin telah peduli untuk mengontrol produk% yang disediakan.
tetapi mereka juga ingin sutradara terbaik, yang biasanya bandel tentang
penggabungan ke jalur produksi. Posisi yang bioskop diadakan di kehidupan
sosial paruh pertama abad kedua puluh juga berarti bahwa, meskipun hanya
difusi, itu akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh alam bawah sadar sosial dan
akan akibatnya. jika ina oluntarily, fungsi sebagai kendaraan untuk jenis
mitologi modern surealis yang asyik menjelajahi. Sama luasnya sistem studio
Hollywood berarti bahwa ia tidak dapat mengontrol setiap aspek dari jalur
produksi. dan sangat cara hidup di Hollywood mendorong Mavericks dan
nonkonformis. Diperkirakan juga memiliki mengatakan nya. itu tervening dengan
cara sering tak terduga untuk mengganggu rasionalitas sistem. Pada tingkat ini
manusia. Adorno tidak diragukan lagi salah untuk melihat Hollywood a :: mesin melahap
(meskipun ini tidak berarti dia salah tentang dampak akhirnya demoralisasi
terhadap jiwa manusia) dreants nya adalah dalam hal apapun tidak selalu palsu.
sebagai surealis diakui Memang. sangat kendala Hollywood dalam usia emas
mungkin telah membantu proses perlawanan kami berpendapat dalam pasal 1 sebagai
bahan dari budaya populer di bagian awal abad kedua puluh.
Film horor juga membuka luka masyarakat,
memaksanya untuk menghadapi realitas itu akan lebih memilih untuk mengabaikan.
Kebijaksanaan Freud terkenal The Uncanny 'menawarkan pendekatan psikoanalisis
daya tarik horor yang berdentang dengan surealisme tetapi surealis tidak perlu
Freud untuk mengenali cara film horor memungkinkan keinginan tersembunyi dan
pikiran tertekan muncul ke dalam cahaya hari, memiliki sangat awal diakui cara
novel gothic mencerminkan kekuatan pembubaran sosial yang mendasari Perancis;
evolusi. Cerita horor membawa kami ke ekstrim dari masalah kematian kita, kita
hadapi dengan kematian dan pembubaran. dan sering. mengungkap ketakutan dan
keinginan yang terkubur di dalam alam bawah sadar kita lebih gigih. Pierre
Afahille cekatan: ..: s atraksi ini untuk surealis:
Takut mati, Anda memberikan hidup nilainya.
Takut masa depan, Anda membuat saat yang berharga, Anda memberi makna kesehatan,
untuk kekayaan. Ketakutan, Anda mengizinkan kami untuk mengagumi senyum rapuh
muncul di wajah seorang wanita, Anda membangkitkan perasaan intens yang datang
kita ketika-kamu bertemu lagi menjadi siapa. pada kesempatan berikutnya. akan
ia ditelan malam ... Kehadiran Konstan malam, penuh dengan kuda malam-hitam,
tanpa yang tidak akan ada cahaya. Memabukkan dialektika menjadi dan
ketidakberadaan yang dibuka pertanyaan seluruh, yang menciptakan kecemasan.
tanpanya hidup akan biaya apa-apa. Sumber dari segala pikiran kita
pleasures.The serikat tak terpisahkan dari ketakutan dan berharap sadis membuat
kita berpikir bahwa, mungkin, besok matahari tidak akan lagi naik, keseimbangan
musim akan hancur sekali dan untuk semua. kenyamanan rapuh masyarakat pekerja
keras akan hancur, bahwa tidak akan tersisa dari keadaan biasa kemanusiaan.
Hal ini diperlukan untuk menghabiskan sejumlah
waktu dalam badai itu. dikelilingi oleh pegunungan mendidih di reruntuhan.
telah diambil seperti mainan tak berdaya ke tarian hiruk pikuk dari elemen. Hal
ini diperlukan untuk mengetahui, pada malam hari, yang dingin bertahap dibawa
oleh angin horisontal ketika bumi tampaknya beku untuk selamanya, bila hidup
ini mengkristal, mati,. Mengganggu batas luar yang hidup terganggu, Anda pasti
batas-batas dan sumber-sumber luar biasa (1998:89-90).
Ketiga sutradara kita mungkin mempertimbangkan
yang konsisten disajikan pandangan dunia diperkirakan dengan surealisme adalah
Tod Browning. Berbeda dengan dua direktur lain, bagaimanapun, cinta bukanlah
tema karya Browning, bahkan langka) -
membuat sebuah penampilan kecuali dalam bentuk
scabrous Direktur besar pertama dari film horor. animater dari awal Hollywood
Dracyla (1930), dengan Bela Lugosi, karirnya erat terikat dengan salah satu
yang terbesar dari aktor layar. Lon. Chaney. Hari ini Browning dikenal terutama
untuk Draeula. yang tidak salah satu gambar yang terbaik, dan salah satu film
paling terkenal bioskop. Freaks (1932). Seperti Borzage, bagaimanapun, dia
adalah salah satu profesional besar bioskop awal, menghasilkan serangkaian
film-film menarik dan populer sampai kontroversi atas Freaks membuatnya
sebagian persona non grata. Tema Browning adalah penyerbuan dari otherness ke
ranah normalitas. Dalam dunia Browning penampilan dunia terus terganggu dengan
cara yang diwarnai dengan humor hitam. The Unholy Tiga (1925). misalnya. adalah
tentang geng. terdiri dari Echo. seorang ventriloquist yang menyamar sebagai
seorang wanita baik tua, Hercules, sirkus man.anciTwcedledee kuat, kerdil, yang
melakukan cerdik _crimes.Their taktik biasa adalah untuk wanita tua untuk
mengunjungi rumah dengan her'baby 'di belakangnya dengan kasus tempat Pada satu
kesempatan, polisi mengunjungi sarang mereka, dan mereka hampir dibatalkan
sebagai Tweedledee, masih berpakaian seperti bayi, sedang duduk merokok cerutu!
Dalam The Devil Doll (1936). seorang penjahat yang telah melarikan diri dari
Devil s Island mengubah dirinya menjadi sama wanita tua baik untuk membuat
miniatur boneka cantik dengan tujuan mengatasi kematian dan kehancuran pada
bankir korup yang merusak dirinya. sementara di Blackbird (1926) gangster
mengasumsikan identitas dari jenis lumpuh misionaris. Hal ini dalam motif balas
dendam yang afinitas Browning dengan surealisme yang paling jelas. Film-filmnya
menawarkan tandingan dengan ledakan pemberontakan kita lihat di beberapa film
komedi olok-olok, kecuali bahwa apa yang ditangani melalui humor dalam
film-film Marx Brothers atau W C. Fields sini ditangani melalui kekerasan di
barat Zanzibar (1928), seperti dalam The Devil Doll dan Freaks, balas dendam
diambil dengan cara yang sama memusingkan seperti itu dibenarkan. Hal ini dalam
The Unknown (1927) bahwa kemarahan di dunia mengambil bentuk yang paling
mengejutkan ketika Alonzo. pisau pelempar rupanya tanpa senjata, paku yang alat
yang mengontrol tindakan sirkus saingannya cinta sehingga ia akan terkoyak oleh
dua kuda berlari. Alonzo dalam kenyataannya bukan tanpa senjata. setidaknya
tidak di awal film. Dia berpura-pura menjadi untuk menghindari polisi. ketika ia
menemukan bahwa Nanon, wanita yang dicintainya (diperankan oleh Joan Crawford).
tidak tahan fakta bahwa pria memiliki senjata. dia benar-benar memiliki
tangannya diamputasi. hanya untuk menemukan bahwa sementara itu dia telah jatuh
cinta dengan orang kuat sirkus.
hhmmm,, ikut nyimak deh ^,^
BalasHapusmampir sini ya; Tips Kesehatan
ok.... makasih adik :3
Hapus